Pages

Rabu, 18 Desember 2013

Pendidikan Untuk Kemajuan Indonesia



Dalam perkembangan teknologi yang semangkin maju, pendidikan seharusnya menjadi acuan untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi, pendidikan adalah awal sebuah teknologi dapat tercipta, dengan pendidikan bukan hanya sebuah teknologi dapat diciptakan. Pendidikan dapat membawa kita pada kesejahteraan, karena dengan pendidikan manusia atau kita khususnya, dapat berfikir bagaimana mempertahankan hidup dan kehidupannya, kesehatan, keamanan dan menentukan keputusan yang terbaik untuk diri kita dan orang lain. 

Indonesia adalah sebuah Negara yang memiliki berbagai macam masalah yang kompleks, baik dalam bidang kesehatan, keamanan, pertahanan, ekonomi, pendidikan, social dan budaya serta agama. Berbagai permasalahan ini menuntut kita untuk dapat berperan aktif dalam menyelesaikan permasalahan ini, karena tugas kita sebagai generasi muda adalah untuk mengisi kemerdekan demi terwujudkan cita-cita luhur bangsa kita, yaitu : melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mecerdasakan kehidupan bangsa, dan ikut melaksankan ketertiban dunia yang berdasakan perdamaian abadi dan keadilan sosial.
            Solusi dari pemasalahan Negara ini adalah dengan menjadikan pendidikan sebagai acuan dasar dalam membangun bangsa dan Negara Indonesia menjadi Negara yang maju, mandiri dan sejahtera dalam berbagai bidang, baik dalam bidang kesehatan, keamanan, pertahanan, ekonomi, pendidikan, sosial dan budaya, serta agama. Hal ini tentu saja memerlukan kerja sama dan dukungan dari berbagai pihak, baik pihak pemerintah, Organisasi masyarakat dan masyarakat itu sendiri. Maka langkah yang harus kita tempuh untuk menjadikan pendidikan dan Negara Indonesia yang lebih baik adalah sebagai berikut : 
·         Dalam bidang pendidikan, pemerintah harus membuat dan menerapkan kurikulum pendidikan tentang budaya hidup sehat dalam berbagai tingkatan pendidikan, baik tingkat pendidikan Sekolah Dasar, SLTP, SLTA serta tingkat Perkulihan. Hal itu dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat indonesia akan pentingnya budaya hidup sehat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Maka dampaknya akan mengurangi jumlah angka orang sakit di indonesia, karena masyarakat telah mendapatkan pengetahuan tentang pentingnya budaya hidup sehat.

·         Pemerintah harus melakukan pemerataan sarana dan prasarana pendidikan. karena pendidikan adalah hak bagi setiap warga negara, artinya pendidikan bukan hanya untuk masyarakat yang ada di perkotaan saja, tetapi untuk semua masyarakat yang berada di seluruh wilayah negara indonesia, baik daerah perkotaan, pedesaan, maupun daerah terpencil sekalipun. Hal ini bukan hanya menjadi tugas dari pemerintah pusat saja, tetapi perlu di dukung oleh pemerintah daerah yang memiliki akses langsung dengan daerahnya. Artinya untuk dapat mewujudkan indonesia  yang cerdas adalah dengan keterlibatan dari berbagai pihak, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

·         Pemerintah harus mendukung dan memfasilitasi berbagai organisasi masyarakat yang bergerak di bidang pendidikan. Hal itu dimaksudkan untuk dapat memperingan kerja pemerintah dalam mengatasi permasalahan pendidikan yang ada di indonesia, terutama di daerah-daerah terpencil yang kekurangan tenaga pengajar.
·         Pemerintah harus membuat lembaga yang tugasnya khusus mengawasi standarisasi mutu pendidikan di indonesia. Hal itu sangat di perlukan karena sejauh pengamatan saya selama ini, tugas tersebut belum mampu dilaksanakan dengan baik oleh kementerian pendidikan, Dinas Pendidikan Provinsi maupun Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Adapun tugas  dari lembaga pengawas standarisasi mutu pendidikan ini adalah  untuk  memantau kelayakan sarana dan prasarana serta mutu pendidikan, seperti kelayakan Gedung Sekolah, meja dan kursi, kurikulum pendidikan, serta berbagai peralatan penunjang proses belajar dan mengajar lainnya, seperti : perpustakaan, multimedia, laboratorium Bahasa Indonesia, laboratorium Bahasa Inggris, Laboratorium Komputer dan Laboratorium IPA, lapangan olahraga, serta berbagai hal lainya sesuai dengan kebutuhan. Dalam hal ini lembaga ini melaporkan semua hasil pemantaunnya kepada Presiden RI, dan ditindak lanjuti oleh kementerian pendidikan atas instruksi dari Presiden RI sebagai bukti pertanggung jawaban.

·         Membuat sistem kurikulum pendidikan terpadu. Hal ini dimaksudkan agar setiap tingkatan pendidikan di seluruh wilayah Negara Indonesia, baik Tingkat SD, SLTP dan SLTA memiliki kurikulum yang sama sesuai dengan tingkatan pendidikan. karena menurut pengamatan saya, kurikulum di setiap daerah berbeda-beda, hal itu akan sangat menyulitkan bagi setiap siswa-siswi ketika menghadapi ujian nasional. Adapun sistem kurikulum pendidikan terpadu ini harus dibuat secara khusus oleh kementerian pendidikan nasional dan diterapkan di seluruh tingkatan pendidikan di seluruh wilayah Negara Indonesia, namun dalam hal ini kementerian pendidikan nasional harus mengacu pada pertimbangan kualitas pendidikan di berbagai daerah di Indonesia.   

·         Pemerintah harus giat menyelengarakan dan mendukung penyelenggaraan kegiatan yang bertemakan tentang pendidikan. Hal ini sangat di perlukan dalam rangka mensosialisasikan kepada generasi muda akan pentingnya pendidikan untuk membangun bangsa dan Negara. Adapun dalam kegitan ini harus berisi dengan kegiatan-kegitan yang dapat mendidik dan menarik minat para generasi muda untuk terus belajar.

·         Pemerintah harus menugaskan tenaga pengajar profesional di daerah-daerah terpencil atau di daerah yang minim jumlah tenaga pengajarnya.

·         Pemerintah sebaiknya memprioritaskan sekolah negeri khusus untuk anak-anak yang kurang/tidak mampu dalam segi ekonominya. Sedangkan memprioritaskan sekolah swasta untuk anak-anak yang mampu dalam segi ekonominya. Hal ini dimaksudakan agar subsidi pemerintah dalam bidang pendidikan dapat terorganisir dan terarah melalui adanya pemisahan tersebut. Dengan demikian anak-anak yang kurang/tidak mampu dalam segi ekonominya mendapatkan kesempatan yang sama untuk mendapatakan hak yang sama dalam memproleh pendidikan.

·         Pemerintah harus mempermudah akses dalam layanan pendidikan. Hal ini dalam bentuk akses jalan untuk menuju ke sekolah, bus sekolah, listrik/penerangan, akses layanan jaringan internet, dan berbagai hal lainya.

·         Pemerintah harus giat menyelengarakan kegitan pertukaran pelajar antar Negara maupun antar daerah. Hai ini dimaksudkan untuk dapat menambah wawasan, berbagai pengalaman dan pengetahuan serta sebagai duta bagi Negara maupun daerah masing-masing.

·         Pemerintah harus lebih banyak memberikan beasiswa kuliah di luar negeri untuk para pelajar Indonesia dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk dapat mengembangkan pengetahuan dan keahlian mereka di Indonesia. Hal itu dalam rangka membangun bangsa dan Negara Indonesia menjadi bangsa dan Negara yang mandiri.
·         Pemerintah harus menciptakan pendidikan berbasis teknologi dengan tetap menekankan nilai-nilai keagamaan sebagai benteng pengendalian diri.

Pendidikan akan membawa kita pada kesejahteraan, karena buah dari pendidikan adalah  pegetahuan. Pengetahuan dapat kita olah menjadi sebuah karya, inovasi, penemuan baru dan berbagai hal lainya yang dapat bermanfaat untuk kita dan kepentingan Negara kita Indonesia. Dan dampaknya adalah munculnya berbagai macam lapangan pekerjaan baru, yang tentunya akan mengurangi angka penganguran di Indonesia. Hal itu tentu saja akan membawa Negara kita Indonesia menjadi lebih sejahtera.
Pendidikan adalah langkah awal untuk  membangun suatu Negara kita Indonesia menjadi Negara yang maju dan mandiri. Karena bagi saya “Pendidikan adalah awal dari kemajuan suatu Bangsa”.

0 komentar:

Posting Komentar